PLH merupakan upaya mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak atau elemen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran mayarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan yang pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang. Pendidikan lingkungan hidup mempelajari permasalahan lingkungan khususnya masalah dan pengelolaan pencemaran, kerusakan lingkungan serta sumber daya dan konservasi.

Perlu ada inisiatif dari berbagai pihak baik instansi pemerintah maupun non pemerintah, swasta maupun perseorangam untuk bersama-sama memberikan pendidikan lingkungan bagi masyarakat di Indonesia. Setiap komunitas harus ikut serta mendidik untuk mewujudkan masyarakat yang sadar lingkungan. Tidak hanya untuk dewasa tetapi juga anak-anak, baik melalui pendidikan formal maupun nonformal dengan muatan lokal.

 

Saat ini, YSHL telah melakukan kerjasama dengan 5 sekolah (3 SD, 2 SMP) untuk mendampingi sekolah dan telah  mendampingi 2 Rumah Belajar Konservasi (RBK) yaitu RBK Harapan Kita di Dusun Suka Mulia, Desa Lau Damak dan RBK Teladeh Lestari di Dusun Teladeh, Desa Batu Jongjong. Keduanya  berada di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat. 

Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan generasi muda berwawasan lingkungan dan konservasi, juga sebagai salah satu upaya yang secara perlahan mendorong pihak sekolah untuk memasukkan kegiatan pendidikan lingkungan ke dalam kurikulum sekolah dan muatan lokal atau pogram ekstra kulikuler di sekolah.